dzikir dan doa

Menjadi Manusia Dua Dunia

Posted on

Manusia adalah insan yang begitu sempurna, baik rupa maupun segala jiwanya. Manusia adalah satu-satunya mahluk yang dipercayakan oleh Allah Saw untuk menjadi khalifah atau pemimpin di muka bumi ini.

Manusia juga merupakan satu-satunya mahluk yang diberi akal budi oleh Allah SWT untuk dipergunakan berfikir. Akal pikiran inilah yang membuat drajat manusia lebih tinggi dari mahluk mana pun jua.

adsumo tools facebook

Allah SWT bukan tanpa alasan menciptakan manusi. Kita diseruh untuk senantiasa beribada kepadanya dan taat untuk menjalankan segala aturannya. Namun sebagian besar manusi melupakan hal ini.

Bagi mereka yang sudah menjalankan bentuk ketaatannya kepada Allah, mereka itulah para mahluk yang dijanjikan surga-Nya kelak. Namun begitu, apakah kita sebagai manusi hanya melulu mengurusi urusan dunia kelak dan melupakan problematika yang ada di tengah-tengah umat.

Kebodohan, ketidakadilan, korupsi, dan berbagai bentuk kerusakan lainnya saat ini sedang merajalela. Umat Islam yang hidup pada era ini persis seperti yang dikatakan oleh Rasulallah SAW dalam hadisnya, yakni yang berisi tentang umatnya pada masa setelah dia tiada. Nabi mengatakan bahwa umatnya banyak namun mereka (dalam hal ini kita) bagaikan buih di lautan. Banyak tapi tidak memiliki kekuatan dan terombang-ambing oleh ombak.

Seruan akan penerapan Islam yang secara holistik adalah masuk akal. Penerapan Islam yang secara bukan hanya akan berbicara mengenai urusan surgawi belaka, namun juga urusan-urusan yang bersifat duniawi dan keumatan (ekonomi, politik, sosial, budaya, hukum, dll). Hal tersebut tentu saja bermakna bahwa dibutuhkan sebuah penerapan Islam yang bersifat meneyeluruh untuk mengatur pelbagai permasalahan umat, baik yang berada di negeri ini maupun yang berada di negara lain.

Tatkala hal tersebut bisa diwujudkan, makan ide tentang manusia dua dunia niscaya dapat pula diwujudkan. Manusia yang bukan hanya mengurusi ikhwal surgawi dan dunia-dunia kasat mata, namun juga manusia yang peduli akan penderitaan yang menimpa umat Islam di seluruh dunia. Oleh karenanya, patutlah bagi kita sebagai umat Islam untuk juga menuntut dan mendukung perihal ide tersebut.

virol tools instagram